Saya memuji mantan pegawai negeri sipil Jaspal Singh karena berdebat mendukung pembuatan jalan-jalan Singapura lebih ramah pejalan kaki (Dari jalan raya ke High Streets, 22 Juli).
Jalan-jalan Singapura sangat disukai pengguna mobil pribadi daripada pejalan kaki dan pengguna transportasi umum.
Ilustrasi sempurna dari trade-off ini adalah jembatan overhead Whitley Road yang terkenal, yang membentang selebar Pan Island Expressway serta jalur Whitley Road, berukuran hampir seratus meter.
Dalam trade-off ini, untuk kecepatan yang kita dapatkan di jalan tol, pejalan kakilah yang membuat pengorbanan.
Prioritas kecepatan rata-rata tinggi tidak mengejutkan. Kisaran kecepatan optimal Otoritas Transportasi Darat di jalan tol adalah 45kmh hingga 65kmh.
Namun, kita harus bertanya-tanya apakah solusinya adalah selalu menggunakan jembatan di atas kepala bagi pejalan kaki untuk berbagi jalan.
Tan Yee Kiat